Memulai Itu Bagian Paling Sulit

start strategy

Memulai usaha adalah bagian yang paling sulit dalam berbisnis. ada 2 type cara orang memulai usaha:
Pertama, orang memulai dengan mencari apa yang bisa di buat (produksi)
Kedua, orang memulai dengan mencari apa yang bisa di jual.

Cara yang paling mudah memulai adalah cara kedua, mencari peluang apa yang bisa di jual. kebanyakan orang yang memilih cara kedua memulai usaha bisa jadi tanpa modal uang banyak. Karena Modal nya adalah kemampuan MENJUAL.

Untuk memulai dengan cara yang kedua, teknisnya, konsentrasi satu atau dua jam lalu tuliskan 10 peluang usaha yang bisa dilakukan. Setelah ada 10 nih, coret 7 yang tidak bisa dilakukan karena kondisi kita tidak memungkinkan.
Tinggal 3 tuh, konsentrasi lebih dalam lagi dan coret 2 yang sulit untuk dilakukan. Nah tinggal 1 insya Allah bisa dilakukan, tinggal lakukan.
Cara ini membuat otak kita bekerja lebih dalam untuk menemukan UANG.

Ada seorang bapak di US pernah bercerita tentang anaknya yang berusia 14 tahun. Anaknya pernah meminta dibelikan stik golf ke bapaknya, lalu yang dilakukan bapaknya adalah menantang anaknya, untuk mencari PELUANG agar bisa menghasilkan sendiri uang untuk membeli stik golfnya sendiri.

Tantangan ini diterima anaknya,ia berkeliling kompleks dan melihat2 rumah tetangga2nya yang rumput halaman rumahnya sudah tinggi, ia dapat ide untuk menawarkan jasa potong rumput kepada tentang2 nya. setelah 1 minggu bekerja ia akhirnya dapat uang $500, lebih dari yang ia butuhkan untuk membeli stik golf.

Pulang kerumah ia bercerita kepada bapaknya tentang hal ini dan $500 nya. bapaknya lalu meminta uang itu, dan menantang lagi, agar anaknya mau mencari peluang lagi, agar bisa mendapatkan uang lagi. Anaknya marah sebentar, tapi akhirnya menerima tantangan itu.

Si anak lalu pergi mencari PELUANG, datang ke warung-warung kopi, restoran, mall, tempat spa, tempat golf, dan banyak tempat. Akhirnya ia mendapatkan IDE membeli secara kredit 2 buah Mesin permen dan Roti, yang akan ia taruh di tempat spa dan tempat futsal dengan meminta ijin pemilik usaha.

Setiap minggu ia datang untuk mengganti dan mengisi kembali roti dan permen, dalam 1 bulan ia akhirnya punya 6 buah Mesin di 6 buah tempat. mesin itu menghasilkan uang yang banyak baginya,dalam sebulan ia mendapatkan uang $1000 dan bisa untuk membeli stik golf. Ia pulang dan bercerita kepada bapaknya, sekarang ia bisa membeli stik golf dan masih punya ASET yang tetap memberikan uang kepadanya.

Ini cerita sederhana, intinya kita akan lebih mudah jika memulai usaha dengan cara mencari PELUANG yang bisa kita raih dan dilakukan dengan kondisi yang ada, pasti ada seribu PELUANG hanya kadang mata kita tidak jeli atau otak kita perlu dipaksa lebih keras berfikir.

***
Sebelumnya saya ngebet banget pengen punya usaha merchandising, dengan modal awal 140 juta! Sepertinya terlalu besar untuk pemula😉. Mulai dari yang deket dan termudah saja. Memulai memang sulit, tapi action saja, ntar juga juga jadi mudah! Thanks Pak Fitra

3 thoughts on “Memulai Itu Bagian Paling Sulit

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s