Adam’s Air Black Box Audio

Rekaman pembicaraan kotak hitam dari pesawat Adam Air dengan nomor penerbangan KI-574 yang hilang di Selat Makassar dalam penerbangan dari Surabaya ke Menado tahun 2007 lalu kini tersebar ke publik. Banyak yang mengatakan rekaman itu asli.

Sebelumnya, kotak hitam Flight Data Recorder (FDR) telah ditemukan di koordinat 03.41.02S dan 118.08.53E. Sedangkan Cockpit Voice Recorder (CVR) ditemukan di koordinat 03.40.22S dan 118.09.16E. FDR ditemukan pukul 12.29 WIT di kedalaman 2.000 meter, sedangkan CVR ditemukan pukul 10.00 WIT di kedalaman yang sama dengan lokasi 21 meter dari FDR. Berikut adalah rekaman yang saya dapat dari situs internet.

Dalam rekaman yang berdurasi 5.49 menit itu, terdengar kepanikan pilot Adam Air sesaat sebelum jatuh di perairan Selat Makassar. Teriakan “Allohu Akbar” pun terdengar menggambarkan betapa paniknya kondisi saat itu.

Sebuah pertanyaan besar, apakah memang patut itu menjadi konsumsi publik? Atau hanya ingin menunjukkan barang bukti? Tapi kalau memang benar rekaman asli, kesedihan akan kembali menyelimuti keluarga para penumpang. Mungkin kesedihan itu kembali mengangga. Apalagi dalam rekaman tersebut terdengar kepanikan kru pesawat. Lalu bagaimana dengan penumpang?
Apa pula yang akan dibayangkan oleh keluarga korban penumpang. Itu akan kembali membuka duka lama yang mungkin masih belum sembuh. Apalagi histeris teriakan kru pilot yang mengucapkan kalimat Allohu Akbar, sungguh memilukan.
Coba bayangkan anggota keluarga kita ditengah kepanikan, diujung maut tapi tidak bisa berbuat, hanya bisa berserah diri. Jenazah pun tidak ditemukan. Lalu, mereka mendengarkan rekaman itu?
Benar atau tidak rekaman itu, yang penting Keluarga Korban Tetap Tabah Dalam Menghadapi Cobaan Alloh. Semua telah diatur olehNya.

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s